Kamis, 15 September 2016

[ Hujjah ]- SYAIKH BIN JIBRIN BERSIKERAS MEMBELA GEMBONG IKHWANI HASAN AL BANNA DALAM KEADAAN HUJJAH TELAH DITEGAKKAN OLEH ASY-SYAIKH RABI’

SYAIKH BIN JIBRIN BERSIKERAS MEMBELA GEMBONG IKHWANI HASAN AL BANNA DALAM KEADAAN HUJJAH TELAH DITEGAKKAN OLEH ASY-SYAIKH RABI’
Asy Syaikh Muhammad bin Rabi’ Al Madkhali hafidzahullah berkata :..

Bismillahirrahmanirrahim

Aku menghadiri suatu majelis di Madinah di rumahnya Imam Al Jarh wa At Ta’dil hafidzahullah wa ro’aah (Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali- pent) dan ketika itu Asy Syaikh Abdullah Al Jibrin yang sudah ma’ruf rahimahullah sedang bertamu kepadanya.

Syaikh Jibrin adalah seorang yang ahli dalam bidang fiqih, tauhid dan ilmu-ilmu lainnya, akan tetapi para pemuda ikhwani dan orang-orang yang menamakan diri mereka sebagai da’i mengelilingi beliau dan mempengaruhinya. Dan Syaikh Jibrin mengokohkan mereka dan membela mereka, menentang ucapan salafiyyin dan mencela Asy Syaikh Muhammad Aman Al Jami rahmatullah alaihima jami’an.

Pokok pembicaraannya adalah : pada pertemuan tersebut Syaikh Rabi’ menyodorkan sebuah kitab penulisnya adalah Hasan Al Banna (pendiri Ikhwanul Muslimin-pent) dan membacakan kepada Syaikh Jibrin -aku hadir di situ- dalam kitab tersebut ada ungkapan yang Al Banna mengatakan : “Permusuhan antara kita (muslimun) dengan Yahudi adalah bukan sebab permusuhan  agama, akan tetapi kita memerangi mereka, memusuhi mereka adalah dengan sebab tanah yang mereka duduki atau sesuatu dari hal ini”, maka Syaikh Rabi’ bertanya kepada Syaikh Jibrin ” Apa pendapatmu dengan orang yang mengatakan perkataan seperti ini ?”

Maka Syaikh Jibrin dengan tanpa pertimbangan mengatakan : “Ini kufur, ini ucapan kufur atau orang yang mengatakan ucapan ini adalah seorang yang kafir”. Maka Syaikh Rabi’ mengatakan : “Tidak ya Syaikh, kami tidak sependapat denganmu bahwa dia kafir, apakah engkau tahu bahwa dia (yang mengatakan-pent) itu  adalah Hasan Al Banna?”.

Maka dengan tiba-tiba Syaikh Jibrin mengubah sikapnya, mengeras dalam ucapannya dan majelisnya, dan berubah perangainya dan mengatakan : “Abadan abada (selama-lamanya) tidak mungkin, tidak mungkin Hasan Al Banna mengatakan ucapan ini, mungkin maksud dia adalah makna lain, mungkin…”.

Syaikh Rabi’ mengatakan : “Ini kitabnya di hadapanmu ya Syaikh?”

Syaikh Jibrin tetap pada pendapatnya dan terus- menerus di atas pendapatnya dan tidak mengalah dari pendapatnya, dan ini adalah perkara yang mengherankan seorang yang kedudukannya adalah seorang Syaikh, akan tetapi Alloh subhanahu wata’ala Dialah satu- satunya pemberi taufiq, tidak ada seorangpun yang mampu memberikan taufiq dan manfaat bagi dirinya.

Alih Bahasa : Qomarudin Abu Ukkasyah حفظه اللــــــــه

@Salafy Cirebon
✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦✦
Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:
www.ittibaus-sunnah.net
أصحاب السنة
❂Ashhaabus Sunnah❂

≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈≈

قال الشيخ محمد بن ربيع المدخلي حفظه الله :

بسم الله الرحمن الرحيم

حضرت مجلسا في المدينة في دار إمام الجرح و التعديل حفظه الله و رعاه ، و كان في ضيافته الشيخ عبد الله الجبرين المعروف رحمه الله ، و كان الشيخ عبد الله الجبرين متضلعا في الفقه و التوحيد و غيرها من العلوم و لكن أثر عليه شباب الإخوان و الذين يسمونهوم الدعاة و التفوا حواليه و عليه ، فكان يؤيدهم و يدافع عنهم و يتعرض بالقول السلفيين و يذم الشيخ محمد أمان الجامي رحمة الله عليهما جميعا ، الشاهد كان في ضيافة إمام الجرح و التعديل فأحضر كتابا لحسن البنا ، و قرأ على الشيخ الجبرين ـ و أنا حاضر ـ عبارة يقول فيه البنا : ليس بيننا و بين اليهود عداوة دينية و إنما نحاربهم ، نعاديهم على الأراضي التي احتلوها ، أو شيئا من هذا ، و قال إمام الجرح و التعديل للشيخ الجبرين : ما رأيك في من يقول هذا الكلام ؟

فسارع الشيخ الجبرين و لم يترو و قال : هذا كفر ، هذا الكلام كفر ، أو أن قائل هذا الكلام كافر ، فقال له إمام الجرح و التعديل : لا يا شيخ ، نحن لا نوافقك على أنه كافر ، و هل تعلم أنه حسن البنا ؟

ففجأة تغير موقف الشيخ الجبرين و تنمر في كلامه و جلسته و تغير مزاجه و قال : أبدا أبدا لا يمكن ، لا يمكن يقول هذا الكلام حسن البنا لعله يقصد معنى آخر ، لعله ..

فقال له إمام الجرح و التعديل : هذا الكتاب أمامك يا شيخ !

فبقي الشيخ الجبرين على رأيه و أصر على رأيه و لم يتنازل عن رأيه ، و كان هذا أمرا عجيبا من رجل في مقام الشيخ ، و لكن الله سبحا

http://simp.ly/publish/8t4bPY

------------------------

Copyright : 1437 H - 2016 M http:// salafykolaka.net

0 comments: