Minggu, 18 September 2016

{ Bantahan }- RISALAH KEPADA RODJAIYYUN HALABIYYUN

🚇RISALAH KEPADA RODJAIYYUN HALABIYYUN```

*Bantahan kepada orang yang mengatakan : "Mengapa kita tidak memvonis Syaikh 'Abdul Muhsin Al-'Abbad sebagai Mubtadi' padahal Beliau memuji 'Ali Hasan Al-Halaby ?''*

_🎙️Berkata Syaikh Muhammad Bin 'Umar Bazmul حفظه اللّٰه :_

...Perhatikanlah permasalahan penting ini, oleh karena inilah sebagian manusia mengatakan mengapa engkau tidak memvonis Syaikh Fulan (yakni Syaikh Al 'Abbad misalnya) sebagai Mubtadi' padahal ia memuji Al-Halaby sebagaimana (Abdul Aziz) Ar-Royyis memuji Al-Halaby ?

✋🏽 *️Kita jawab : TIDAK, Ada perbedaan antara keduanya:*

Perbedaannya adalah bahwa Syaikh Al 'Abbad -misalnya- ketika memuji Al-Halaby Beliau *tidak mengetahui secara yakin bahwa Al-Halaby terjatuh pada perkara-perkara ini.*

Hal tersebut telah sampai kepada Beliau namun ada yang mengatakan kepada Beliau bahwa Al-Halaby tidak mengucapkan perkara-perkara tersebut. Beliau pun mendustakan perkara-perkara itu (dinisbahkan kepada Al-Halabiy).

Sehingga TIDAK tsabit di sisi Beliau jatuhnya Al-Halabiy dalam permasalahan tersebut. Maka Beliau berbicara sesuai penisbahan. Kenapa? Berdasarkan apa yang ada di sisi beliau (pengetahuan beliau tentang Al-Halabiy).

Namun Syaikh Robi' dan Syaikh 'Ubaid mereka mengetahui kesesatan-kesesatan tersebut. Dan telah tsabit di sisi mereka kesesatan-kesesatannya ini. Maka mereka memvonis Al-Halaby sebagai mubtadi'.

️Dan Ar Royyis juga MENGETAHUI kesesatan-kesesatan Al-Halaby dan ia tidak mengatakan bahwa Al-Halaby tidak terjatuh pada kesesatan-kesesatan tersebut namun ia mengatakan : *"Ia (Al Halaby) tidak keluar  (dari lingkaran Salafiyyah) dengan semisal perkara-perkara tersebut".*

Dengan demikian telah terang- benderang bagimu (wahai Abdul Aziz Ar Royyis) bahwa Al-Halaby terjatuh pada kesesatan-kesesatan tersebut NAMUN engkau tetap membelanya.

Syaikh Ibnu Baaz dan para Imam Salaf lainnya mengatakan :

*"Barangsiapa yang membela Ahlul Bida' maka ia digolongkan bersama mereka".*

️Dengannya perlu diperhatikan bahwa dalam permasalahan meneladani Salaf ialah (harus) peneladanan secara totalitas.

Dan diperhatikan juga permasalahan yang lain_aku telah menyebutnya panjang lebar dalam kalamku ini namun aku akan mengingatkan darinya.

Asy-Syaikh Ibnul 'Utsaimin, contohnya... (sepertinya Beliau keliru ucapan, yang Beliau inginkan Syaikh Robi', pent.👇🏾)
Syaikh Robi' adalah seorang Ulama Salafy. Kita anggaplah Beliau pada suatu permasalahan menyelisihi Manhaj Salaf tanpa disengaja maka Beliau tidak keluar dari Salafiyyah. Kesalahan tetap dibantah dan Syaikh Robi' jika dijelaskan kepadanya maka Beliau akan rujuk. Jelas!

Adapun seseorang yang menyelisihi Manhaj Salaf dengan SENGAJA maka ia diberi hukuman (vonis sebagai mubtadi') sebagaimana yang telah lewat.
ــــــــــــــــــــــــــــ
💥الرد على من يقول: لماذا لا نبدع الشيخ العباد مع أنه يثني على الحلبي؟

▪قَـالَ الشَّيْخ محمد بن عمر بازمول -حَفِظَهُ الله-:

” ... انتبهوا لهذه القضية الخطيرة، لذلك بعض الناس يقول لماذا لا تبدع الشيخ الفلاني؟ فهو يثني على الحلبي كما الريس يثني على الحلبي، نقول لا، فرق بين الاثنين، والفرق أن الشيخ العباد مثلا حينما يثني على الحلبي لا يعلم يقينًا بأن الحلبي وقع في هذه الأمور، بلغته ولكن قيل له أنه لم يقل بها كذب مثل هذا الأمور فما ثبت عنده وقوع الحلبي في ذلك فهو يتكلم بالنسبة لماذا؟لما عنده،

● لكن الشيخ ربيع، الشيخ عبيد وقفوا على هذه الضلالات وثبتت عندهم هذه الضلالات فبدعوا الحلبي، والريس أيضا يعلم هذه الضلالات ولم يقل الحلبي لم يقع فيها وإنما قال لا يخرج بمثلها، إذًا تبين لك أن الحلبي وقع في هذه الضلالات وأنت تدافع عنه، الشيخ ابن باز -رحمه الله- وأئمة السلف كانوا يقولون: "من دافع على أهل البدع فإنه يلحق بهم "  إذًا قضية الاقتداء بالسلف يلاحظ فيها الاقتداء الكلي، ويلاحظ فيها قضية أخرى أنا ذكرتها عرضًا في كلامي لكن أنبه عليها، الشيخ ابن العثيمين مثلا الشيخ، ربيع عالم سلفي نفرض أنه في قضية خالف المنهج السلفي خطئًا دون تعمد لا يخرج عن السلفية، الخطأ يُرد والشيخ إذا بين له فإنه يتراجع، واضح، أما من خالف منهج السلف متعمدًا فإنه يؤاخذ كما سبق“.

📝المصــدَرُ :

🌍 http://miraath.net/articles.php?cat=11&id=1470

Dinukil dari: tlgrm.me/dinulqoyyim

Copyright : 1437 H - 2016 M http:// salafykolaka.net

0 comments: