Kamis, 16 Oktober 2014

(1) Silsilah Bantahan Atas Tuduhan Bahwa Syaikh Robi' bin hadi Al madkholi hafidzahullohu Seorang Murji'ah.

------------------------
 Silsilah Bantahan Atas Tuduhan Bahwa Syaikh Robi' Seorang Murji'ah [1] 
------------------------
 APAKAH AMALAN-AMALAN ANGGOTA TUBUH MERUPAKAN SYARAT KESEMPURNAAN IMAN ATAU SYARAT SAHNYA IMAN?
~~~~~~~~~~~~~~~~
 Syaikh DR. Robi' bin Hadi al-Madkholi hafizhohulloh:

 Saya menilai bahwa wajib atas pemuda salafi di semesta alam seluruhnya untuk meninggalkan lafazh-lafazh yang dapat menimbulkan perselisihan dan fitnah, sehingga tatkala sebagian orang menyatakan bahwa amalan-amalan merupakan syarat sempurna (iman) bukan syarat sah maka menjadi fitnah di semesta alam seluruhnya dan jadilah mayoritas dari pengekor hawa nafsu melempar tuduhan kepada orang-orang itu bahwa mereka adalah Murji'ah.

Maka hal ini mengharuskan kita untuk menggunakan lafazh-lafazh yang telah diletakkan dan diistilahkan oleh kaum salaf tentangnya sehingga kita katakan:
Iman adalah ucapan dan perbuatan serta keyakinan yang akan bertambah dengan ketaatan dan akan berkurang dengan kemaksiatan,
⛔ dan kita tidak mengatakan syarat sah dan tidak pula syarat sempurna, akan tetapi jika di sana ada yang faham dan Anda ingin membuatnya puas dengan selamat dengan menggunakan istilah ini atau itu maka jelaskan.

✅ Syaikh Ibnu Baaz rohimahulloh pernah berkata dalam sebuah pertemuan dan aku hadir tatkala beliau ditanya tentang hal ini maka beliau mengatakan:
Amalan-amalan ada yang merupakan syarat sah dan ada yang merupakan syarat sempurna, dan diantara amalan yang merupakan syarat sah seperti cinta kepada Alloh ini termasuk amalan hati, seperti cinta kepada Alloh Tabaroka wa Ta’ala dan berharap kepada-Nya serta takut dari (adzab) -Nya dan bertawakal kepada-Nya  dan seterusnya, ini adalah amalan hati dan dia termasuk dari syarat sah, karena sejatinya setiap mukmin tidak akan beriman kecuali jika dia mencintai Alloh Tabaroka wa Ta’ala, dan membenci musuh-musuh Nya, dan bertawakal kepada-Nya, dan menggantungkan harapannya kepada-Nya, dan takut kepada-Nya, dan merasa diawasi oleh-Nya.

Dan diantara amalan-amalan ada yang merupakan syarat sempurna, dari amalan-amalan anggota tubuh ada yang merupakan syarat sempurna seperti selain rukun-rukun sholat contohnya dan yang semisal itu.

 Dan aku nasehatkan saudara-saudara ku untuk meninggalkan kalimat syarat sempurna dan syarat sah; karena masalah akan tetap ada, maka kita jaga lisan-lisan kita dari hal-hal yang menyebabkan perpecahan dan perselisihan serta banyaknya fitnah juga pertanyaan-pertanyaan.

✅ Sehingga kita katakan seperti yang dikatakan kaum salaf dan kitab-kitab aqidah semuanya telah memuat dengan ungkapan ini, maka tidak akan Anda lihat mereka mengatakan kecuali bahwa iman adalah ucapan dan amalan serta keyakinan yang akan bertambah dengan ketaatan dan akan berkurang dengan kemaksiatan, dan dalil bertambahnya iman ayat Al-Qur’an dan sabda Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam:

«الإِيمَانُ بِضْعٌ وسِتُّون شُعْبَةً، أَعْلاهَا لا إِلَهَ إلاَّ الله، وأَدْنَاها إِمَاطَةُ الأَذَى مِنَ الطَّرِيقِ»
"Iman adalah enam puluh sekian cabang, yang paling tingginya ialah kalimat:
لا إله إلا الله
dan yang paling rendahnya ialah membuang gangguan dari jalan". [1]

Dan hadits-hadits syafa'at menunjukkan atas berkurangnya iman seperti sabda beliau shollallohu 'alaihi wa sallam dari Alloh Azza wa Jalla:
"Keluarkan dari api neraka orang-orang yang di dalam hatinya sebesar dinar dari keimanan... -hingga pada ucapan- keluarkan dari api neraka orang-orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji gandum dari keimanan, keluarkan dari api neraka orang-orang yang di dalam hatinya lebih kecil lebih kecil lebih kecil dari biji gandum dari keimanan". [2]
________
[1] Diriwayatkan oleh Muslim (35) dari hadits Abu Huroiroh rodhiallohu 'anhu.

[2] Diriwayatkan oleh Bukhori (7440) dari hadits Abu Sa'id al-Khudri rodhiallohu 'anhu.

al-Lubab min Majmu’ Nashoih wa Taujihat As-syaikh Robi' Lis Syabab.

__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
~~~~~ ~~~~~~
سلسلة :

[ الردود المفحمة على من يتهم الإمام الربيع بعقيدة المرجئة ]

                   》١《

• السؤال :
هل أعمال الجوارح شرط في كمال الإيمان أم في صحة الإيمان ؟

• الجواب :
أنا أرى أن على الشباب السلفي في العالم كله أن يترك الألفاظ التي تثير الخلافات والفتن، فلما قال بعض الناس أن الأعمال شرط كمال لا شرط صحة صارت فتنة في العالم كله وأصبح كثير من أهل الأهواء يقذفون هؤلاء بأنهم مرجئة.

فهذا يحتم علينا أن نستعمل الألفاظ التي تواضع واصطلح عليها السلف فنقول: الإيمان قول وعمل واعتقاد يزيد بالطاعة وينقص بالمعصية، ولا نقول شرط صحة ولا شرط كمال، لكن إذا هناك من يفهم وأردت أن تقنعه بسلامة هذا الاصطلاح أو ذاك فتبين .

الشيخ ابن باز رحمه الله قال في جلسة وأنا حاضر لما سئل عن هذا فقال: من الأعمال ما هو شرط صحة ومنها ما هو شرط كمال ، فالذي هو من الأعمال من شروط الصحة كمحبة الله هذا من أفعال القلوب، كمحبة الله تبارك وتعالى - ورجائه والخوف منه والتوكل عليه وإلى آخره، هذه أعمال قلبية وهي من شروط الصحة، فإن المؤمن لا يكون مؤمنا إلا إذا أحب الله تبارك وتعالى - وأبغض أعدائه وتوكل عليه وعلق به رجاءه وخافه وراقبه .
ومن الأعمال ما هو شرط كمال، من أفعال الجوارح ما هو شرط كمال كغير الأركان الصلاة مثلا وما شاكل ذلك .

وأنصح إخواني بأن يتركوا كلمة شرط الكمال وشرط الصحة؛ لأن المشكلة ستبقى قائمة، فنحفظ ألسنتنا مما يسبب الفرقة والخلافات وكثرة الفتن والتساؤلات !

• فنقول كما قال السلف وقد شحنت بهذا التعبير كتب العقائد كلها، فلا تراهم يقولون إلا أن الإيمان قول  وعمل واعتقاد يزيد بالطاعة وينقص بالمعصية، ودليل الزيادة آيات قرآنية وقول النبي صلى الله عليه وسلم "الإيمان بضع وستون شعبة،أعلاها لا إله إلا الله، وأدناها إماطة الأذى من الطريق" (1).

ودلت أحاديث الشفاعة على نقصانه كقوله صلى الله عليه وسلم عن الله عز وجل
" أخرجوا من النار من في قلبه دينار من إيمان...إلى أن فال أخرجوا من النار من في قلبه مثقال ذرة من إيمان، أخرجوا من النار من في قلبه أدنى أدنى أدنى مثقال ذرة من إيمان" (2).
____________________

1- أخرجه مسلم (35 ) من حديث أبي هريرة رضي الله عنه .
2-أخرجه البخاري (7440 ) من حديث أبي سعد الخدري رضي الله عنه .

✅ المصدر :
[اللباب من مجموع نصائح وتوجيهات الشيخ ربيع للشباب].
------------------------
WA Ahlus Sunnah Karawang.

0 comments: