Kamis, 30 Oktober 2014

MENGHADIAHKAN PAHALAN AMALAN BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL

------------------------
 Silsilah Fadhoilul A'mal (Keutamaan amalan) 
------------------------
 MENGHADIAHKAN PAHALAN AMALAN BAGI ORANG YANG SUDAH MENINGGAL.
------------------------
 Fadhilatus Syaikh Muhammad as-Sabil rohimahulloh.
[Anggota lajnah daimah dahulu]
📞 Pertanyaan:
Apa pendapat Anda tentang menghadiahkan pahala amalan-amalan bagi orang-orang yang telah mati?
🔐 Jawaban:
Boleh bagi seorang muslim untuk menghadiahkan pahala amalan-amalan bagi orang-orang yang telah mati, dan pahala itu akan sampai kepada mereka insya Alloh; dan yang demikian berdasarkan riwayat Aisyah rodhiallohu 'anha:
«أن رجلاً قال للنبي -صلى الله عليه وسلم- إن أمي افتلتت نفسها، وأظنها لو تكلمت تصدقت فهل لها أجر إن تصدقت عنها؟ قال: نعم» [رواه الشيخان]
"Bahwa seseorang bertanya kepada Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bahwa ibuku telah meninggal dunia, dan aku mengira kalau sekiranya aku berbicara niscaya dia akan bersedekah maka apakah baginya ada pahala jika aku bersedekah atas dirinya? Beliau bersabda: iya." [HR. Bukhori-Muslim]
Demikian halnya apa yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas rodhiallohu 'anhuma beliau berkata:
«جاءت امرأة إلى رسول الله -صلى الله عليه وسلم- فقالت: يارسول الله إن أمي ماتت، وعليها صوم نذر، أفأصوم عنها؟ قال: أرأيت لو كان على أمك دين فقضيتيه أكان يؤدي ذلك عنها؟ قالت: نعم. قال: فصومي عن أمك» [رواه مسلم]
"Datang seorang wanita menemui Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam dan berkata: wahai Rosululloh sesungguhnya ibuku telah mati, dan dia memiliki (hutang) puasa nadzar, apakah aku harus berpuasa untuknya? Beliau menjawab: apa pendapatmu jika pada ibumu ada suatu hutang kemudian kamu melunasinya, bukankah telah memunaikan kewajibannya? Dia berkata: betul. Nabi bersabda: maka berpuasalah untuk ibumu". [HR. Muslim]
Maka amalan-amalan seperti membaca Al-Qur’an, thowaf, sholat, umroh dan haji serta yang lainnya apabila dihadiahkan pahalanya bagi orang yang telah mati dibolehkan, dan ini adalah pendapatnya jumhur ulama, sekalipun di sana ada yang berbeda dengan pendapat ini bagi sebagian ulama, AKAN TETAPI INI YANG ROJIH (LEBIH KUAT), dan ia merupakan pendapatnya imam Ahmad rohimahulloh, dan pendapatnya Syaikhul Islam Ibnu  Taimiyyah, dan selain mereka dari para ulama, DAN SEHARUSNYA BAGI SETIAP INSAN UNTUK BERSEMANGAT MENDOAKAN ORANG YANG TELAH MATI DENGAN PERMOHONAN AMPUNAN DAN RAHMAT KARENA HAL ITU TERMASUK DARI SEUTAMA-UTAMA APA YANG DIBERIKAN BAGINYA berdasarkan sabda beliau shollallohu 'alaihi wa sallam:
«إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له»
"Apabila telah mati anak Adam maka terputuslah amalannya kecuali dari 3 perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakan kebaikan untuknya".
Wallohu a'lam.
📔 Fadhoil al-A'mal, Muhammad as-Sabil. Hal: 5-6.
__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
------------------------
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang. ‌

0 comments: